Spesifikasi Mutistrada V4 RS, Motor Touring Ducati Paling Mahal
Uzone.id - Ducati Multistrada V4 RS telah resmi dirilis untuk pasar Indonesia belum lama ini. Motor ini menjadi motor touring asal Italia yang paling mahal dijual di Indonesia karena dibanderol Rp1,32 miliar. Kira-kira bagaimana spesifikasi dari Ducati Multistrada V4 RS ini?
Secara tampilan, Ducati Multistrada V4 RS cukup mirip dengan Multistrada V4 biasa. Hanya saja terdapat beberapa bagian seperti rangka belakang dan mesin menggunakan bahan yang berbeda.Seperti bahan di beberapa komponen bodi Ducati Multistrada V4 RS menggunakan serat karbon, mulai dari spatbor depan, bodi, windshield, dan sebagainya.
Bagian bodi belakang juga di desain berbeda dari Multistrada V4 biasa karena mengadopsi desain superbike yang lebih ramping.
Nah soal mesin, Ducati Multistrada V4 RS memiliki mesin paling kuat dan kencang dari varian lain. Hal ini dikarenakan motor touring tersebut menggunakan dapur pacu Desmosedici Stradale 1.103 cc yang digunakan di Panigale V4.
"Mesin paling sporty, Desmosedici Stradale 1103 desmodromic, sudah dry clutch, rear cylinder deactivation, dan quick shifter. Tenaganya 180 dk dan torsi 118 Nm," ujar Dito Mulyawadi selaku Aftersales Director Ducati Indonesia.
Perihal rangka, Ducati Multistrada V4 RS menggunakan lengan ayun baru, single sided. Ditambah dengan sub frame berbahan titanium, membuat motor touring ini memiliki bobot yang lebih ringan sebesar 2,5 kg.
Menariknya di bagian pelek menggunakan ukuran 17 inci baik di depan dan belakang berbahan light alloy forged dari Marchesini. Komponen pelek forged ini membuat bobotnya menjadi lebih ringan hingga 2,7 kg.
Tak lupa komponen mahal lainnya juga tersedia di bagian suspensi depan dan belakang dari Ohlins dengan setelan seperti Panigale V4 RS. Pengereman juga telah dilengkapi Brembo Stylema dengan cakram berukuran 330 mm di depan dengan sistem yang juga sama seperti di Panigale V4.
Dari segi kenyamanan, Ducati menyematkan Air Deflector yang diarahkan ke kaki pengendara Multistrada V4 RS. Dari segi kemudi juga memiliki setang yang lebih rendah dan pendek, serta dudukan kaki yang lebih naik dan mundur, sehingga memberikan rasa sporty dibandingkan motor touring lainnya.
Soal fitur elektronik, Ducati Multistrada V4 RS dibekali beberapa mode berkendara termasuk mode Race. Sistem keselamatan juga dipakai di motor ini seperti Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Monitoring.
Berikut adalah spesifikasi teknis dari Ducati Multistrada V4 RS:
Mesin | Ducati V4 Desmosedici Stradale, V4 - 90 derajat, 4-katup per silinder, pendingin cairan |
Kubikasi | 1.103 cc |
Diameter x Langkah | 81 x 53,5 mm |
Rasio Kompresi | 14:1 |
Tenaga | 180 hp di 12.250 rpm |
Torsi | 118 Nm di 9.500 rpm |
Sistem pengabut | Elektronik Injeksi, 50 mm throttle body, ride-by-wire system |
Knalpot | Stainless steel, double catalytic converter, Akrapovic titanium muffler |
Transmisi | 6-percepatan, Ducati Quick Shift |
Kopling | Multiplate dry clutch with slipper action on over-run |
Sasis | Aluminium monocoque |
Suspensi Depan | Upside-down Ohlins 48 mm fully adjustable |
Suspensi Belakang | Ohlins TTX36 fully adjustable monoshock |
Pelek | Marchesini Light Alloy Forged |
Ban Depan | Pirelli Diablo Rosso IV Corsa 120/70 ZR17 |
Ban Belakang | Pirelli Diablo Rosso IV Corsa 190/55 ZR17 |
Rem Depan | 330 mm semi-floating disc, Brembo Stylema Monobloc 4-piston, radial master cylinder, cornering ABS |
Rem Belakang | 265 mm disc, Brembo 2-piston floating calliper, conrering ABS |
Berat | 225 kg |
Tinggi Jok | Adjustable 840 mm - 860 mm |
Wheelbase | 1.592 mm |
Tangki | 22 liter |