Barang Apa Terlaris di Tokopedia dan TikTok Shop Selama 12.12?
Uzone.id – Momen Harbolnas 12.12 tampaknya sangat dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok yang telah bekerja sama untuk mengembalikan TikTok Shop di Indonesia. 12.12 memberikan peningkatan lebih dari 10 kali untuk beberapa kategori, khususnya kategori fashion dan make up.
Di Tokopedia, kenaikan transaksi sejumlah brand kecantikan dan body care mengalami peningkatan hampir 19 kali lipat pada saat Harbolnas 12.12 #BeliLokal. Selain brand kecantikan dan perawatan tubuh, brand-brand fashion juga mengalami lonjakan hingga 13 kali lipat saat kampanye #BeliLokal ini.“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” kata Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, Rabu, (20/12).
Secara keseluruhan, produk-produk dari kategori dari kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan, minuman dan rumah tangga juga banyak dicari di Tokopedia selama Harbolnas 12.12 ini.
Kebanyakan dari brand yang mengalami lonjakan transaksi ini adalah brand lokal. Hal ini sejalan dengan tujuan dari kampanye #BeliLokal yaitu untuk memperluas bisnis UMKM lokal lewat Tokopedia dan TikTok.
Di TikTok Shop, kategori yang banyak dicari adalah kategori Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.
Beberapa brand lokal yang laris manis dicari saat kampanye #BeliLokal ini antara lain adalah brand lokal parfum Saff & Co, brand sepatu lokal Aerostreet, dan brand rumah tangga lokal Inthebox yang ramai dicari di Tokopedia dan TikTok.
Dalam kampanye ini, Saff & Co. meluncurkan parfum terbaru mereka ‘Maleali’ secara eksklusif di Tokopedia bertepatan pada saat Harbolnas 12.12. Di paruh awal 2023, parfum menjadi kategori yang paling banyak dicari di Tokopedia, hal inilah yang mendorongnya untuk meluncurkan edisi terbaru mereka saat puncak Harbolnas.
Brand lokal asal Klaten, Aerostreet juga ikut mengalami peningkatan transaksi saat kampanye #BeliLokal dari Tokopedia dan TikTok Shop.
“Kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan TikTok sangat membantu kami untuk meningkatkan penjualan produk-produk Aerostreet. Terbukti dengan meningkatnya jumlah penjualan Aerostreet yang melonjak berkali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal lewat Tokopedia di momen Harbolnas 12.12, jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” kata pendiri Aerostreet, Adithya Caesarico.
Aerostreet memberikan beragam produk mulai dari sepatu olahraga, sneakers, hingga sepatu formal dengan harga terjangkau, berkat kesuksesannya hingga saat ini Aerostreet berhasil merekrut ribuan karyawan.
“Salah satu prinsip yang selalu kami pegang teguh adalah rajin berkolaborasi. Kami bergabung di Tokopedia sejak 2019 dan di TikTok sejak 2022 agar produk Aerostreet bisa terus ditemukan oleh seluruh masyarakat di Indonesia,” ungkap Adhitya.
Brand Inthebox saat ini telah memiliki sekitar 500 karyawan dengan pabrik di daerah Bandung. Brand lokal yang bergerak di produk rumah tangga ini telah bergabung di Tokopedia dan TikTok. Dengan adanya kampanye #BeliLokal ini, Inthebox mengalami lonjakan transaksi di dua platform sekaligus.
“Dengan bergabung di kampanye ‘Beli Lokal’, Inthebox bisa mengalami lonjakan penjualan lebih dari 7 kali lipat di Tokopedia khususnya saat Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023, dan lebih dari 3 kali lipat di TikTok dibandingkan bulan September 2023,” kata Public Relations INTHEBOX (PT Duta Mas Mandiri), Feiko Revoliady Robin.